, 28 April 2009 - 00:00:00 WIB
MoU KY-Komnas HAM
Diposting oleh : Admin
Kategori: Hukum - Dibaca: 872 kali

Jakarta, 28/4/2009 (Komisi Yudisial)- Dalam rangka pelaksanaan fungsi dan tugas secara efektif diantara kedua lembaga, Komisi Yudisial (KY) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada hari ini, Selasa, (28/4) akan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta.

Pelaksanaan penandatanganan MoU akan dilaksanakan di Gedung Komnas HAM, Jl. Latuharry Jakarta, pada pukul 13.30 Wib, rencananya akan dilakukan oleh Ketua Komisi Yudisial M. Busyro Muqoddas, dan Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim.

Butir penting dalam nota kesepahaman adalah pelaksanaan tugas dan wewenang kedua lembaga, serta untuk meningkatkan perlindungan dan penegakan Hak Asasi Manusia sesuai dengan Undang-undang (UU) No. 22 Tahun 2004 tentang KY, serta UU tentang Hak Asasi Manusia No. 39 Tahun 1999, UU No 26 Tahun 2000 dan UU No 40 Tahun 2008.

Ruang lingkup kerjasama meliputi koordinasi dan tindak lanjut atas temuan kedua belah pihak, tukar menukar informasi yang berkaitan dengan tugas dan wewenang yang tidak bertentangan dengan perundang-undangan, bantuan tenaga ahli kedua pihak, serta sosialisasi dan kampanye bersama tentang hak asasi manusia, dan upaya menjaga martabat dan keluhuran hakim.

Jangka waktu nota kesepahaman akan berlaku selama tiga tahun terhitung sejak ditandatangani Nota Kesepahaman ini, dan diperpanjang secara otomatis untuk jangka waktu tiga tahun berikutnya sepanjang tidak ada keberatan yang disampaikan secara tertulis oleh kedua belah pihak. (Tatang S)





0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)