Rabu, 24 Oktober 2012 - 18:06:09 WIB
Peradilan Bersih Butuh Peran Serta Masyarakat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hukum - Dibaca: 502 kali

Jambi (Komisi Yudisial) - Peran masyarakat dalam mewujudkan peradilan bersih sangatlah besar. Peradilan bersih membutuhkan pemahaman yang kuat dari masyarakat bahwa dalam penegakan hukum ada hak dan kewajiban.  Hak dan kewajiban dalam proses penegakan hukum itu melekat bagi siapa pun.Terlebih, bagi hakim, yang punya posisi sangat mulia dalam proses penegakan hukum. Demikian dikatakan Ketua Komisi Yudisial Prof. Dr. H. Eman Suparman, S.H., M.H dalam seminar "Mewujudkan Peradilan Bersih" yang diselenggarakan Universitas Jambi (UNJA) di Gedung Rektorat Universitas Jambi, Rabu (24/10).

Salah satu wujud pemahaman yang kuat dari masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam proses penegakan hukum adalah dengan tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu kepada hakim. Hal itu supaya hakim tidak tergelincir kepada sesuatu yang tidak diinginkan. “Ini adalah contoh konkrit masyarakat dalam mewujudkan peradilan bersih,” tegas Prof. Eman.  Oleh sebab itu, Eman mengajak masyarakat khususnya para pencari keadilan agar taat hukum dan membantu Komisi Yudisial dalam melakukan pengawasan terhadap perilaku hakim agar tercipta peradilan bersih.
Selain Ketua Komisi Yudisial dalam seminar tersebut turut hadir sebagai narasumber Guru Besar FH-UNJA Prof. Dr. H. Sukamto Satoto, S.H., M.H dan Ketua Pengadilan Tinggi Jambi I Ketut Gede, S.H., M.H.

Sebelum seminar berlangsung, diadakan penandatanganan perpanjangan MoU (Memorandum of Understanding) oleh Ketua Komisi Yudisial dan Rektor UNJA Prof. Drs. Aulia Tasman, M.Sc., Ph.D. MoU ini dimaksudkan sebagai salah satu langkah strategis Komisi Yudisial menggandeng perguruan tinggi guna membantu Komisi Yudisial terutama dalam mengawasi hakim. “Komisi Yudisial tidak akan mampu 
mengawasi hakim yang  tersebar di seluruh Indonesia tanpa bantuan dari berbagai sektor, salah satunya perguruan tinggi,” ucap Eman. (KY/Fajar)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)