Selasa, 14 Maret 2017 - 06:55:03 WIB
KY Selenggarakan Pengembangan Kapasitas dan Konsolidasi SDM Penghubung
Diposting oleh : Admin
Kategori: Hukum - Dibaca: 319 kali

Mataram (Komisi Yudisial) – Dalam rangka memaksimalkan tugas Penghubung di daerah diperlukan sinergitas, koordinasi, integrasi dan konsolidasi dengan Komisi Yudisial (KY) di pusat. 

Untuk itu, KY menyelenggarakan kegiatan Pengembangan Kapasitas dan Konsolidasi SDM Penghubung KY Tahun 2017 "Berinovasi untuk meningkatkan kinerja penghubung" di Hotel Golden Tulip Mataram, Nusa Tenggara Barat, 13-17 Maret 2017.

Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Jaja Ahmad Jayus dalam arahannya menyampaikan, Penghubung lahir dari keinginan KY untuk mengoptimalisasi fungsi dan perannya. 

"Lahirnya Penghubung, merupakan optimalisasi fungsi dan peran KY," ujar Jaja.

Lebih lanjut, Jaja mengatakan, untuk pengembangan kapasitas Penghubung tidak cukup dari segi teknis dan administrasi saja, namun perlu juga dibekali substansi. 

"Penghubung harus mengetahui prinsip dan azas dalam praktek beracara di peradilan agar mengetahui hak dan batasan dalam menjalankan tugas. Hal ini supaya Penghubung dapat mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada masyarakat," ucap mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung ini.

Jaja mengungkapkan, dalam menjalankan tugasnya untuk mendorong penegakkan hukum dan keadilan, Penghubung KY lebih bersifat pengabdian karena kalau untuk kesejahteraan masih jauh jika dibandingkan dengan lembaga atau kementerian lain. 

"Walaupun demikian, kita tidak boleh menyerah karena tugas yang  kita emban ini merupakan bagian dari ibadah,” ujar Jaja memberi semangat.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Umum dalam sambutannya menyampaikan, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menciptakan sinergitas antara pusat dan daerah sehingga kinerja KY dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan. 

"Diharapkan dari rangkaian kegiatan ini dapat berdiskusi untuk memberikan sumbangsih saran dan pikiran yang dapat disampaikan ke pusat untuk meningkatkan kinerja KY,” ujar Roejito.

Selain itu, juga akan dibekali kemampuan teknis administratif dalam rangka transparansi dan akuntabilitas kinerja KY.

"KY berkomitmen untuk memfasilitasi Penghubung dengan teknologi dan peningkatan kapasitas anggota agar dapat memaksimalkan pelayanannya kepada masyarakat," ucap Roejito. (KY/Noer/Jaya)




0 Komentar :