Sabtu, 18 Maret 2017 - 11:20:55 WIB
KY Jaring CHA Potensial di Banjarmasin
Diposting oleh : Admin
Kategori: Hukum - Dibaca: 392 kali

Banjarmasin (Komisi Yudisial) - Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial (KY) Maradaman Harahap menegaskan pentingnya integritas untuk dimiliki calon hakim agung (CHA), selain aspek kualitas. Seleksi CHA Tahun 2017 ini untuk mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA) yang terdiri dari: 1 orang kamar pidana, 2 orang kamar perdata, 1 orang kamar agama, 1 orang kamar militer (berasal dari militer), dan 1 orang kamar tata usaha negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan).

“Saya mengharapkan siapapun yang nantinya mendaftar sebagai calon hakim agung harus dapat menguasai visi, misi dan komitmen bapak ibu sebagai calon. Hal lain juga tentang kenegarawanan, integritas, dan kemampuan teknis, serta kemampuan pengelolaan yudisial. Namun, yang harus dinngat adalah bahwa integritas adalah harga mati," tegas Maradaman di hadapan para peserta sosialisasi dan penjaringan CHA di Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Banjarmasin, Jumat (17/03).

Acara ini merupakan upaya KY untuk menjaring dan meningkatkan peminat CHA. KY melakukan sosialisasi dan penjaringan melalui sistem “jemput bola” di Banjarmasin. Diharapkan melalui kegiatan ini, antusiasme pendaftar seleksi CHA akan meningkat.

Menurut Maradaman, para CHA yang nantinya akan mengikuti seleksi akan mengikuti serangkaian tahapan. Yaitu, seleksi administrasi, seleksi kualitas, seleksi kesehatan dan kepribadian, serta wawancara terbuka. Terakhir, KY akan mengusulkan pengangkatan hakim agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan.
 
Hadir dalam kesempatan itu adalah Ketua PTA Kalimantan Selatan Muhammad Saleh, Wakil PT Kalimantan Selatan Heru Iriani, para hakim tinggi dan advokat di Banjarmasin dan sekitarnya.

“Saya  berterima kasih kepada KY karena telah mempercayakan kepada kami sebagai tempat penyelenggara acara sosialisasi dan penjaringan CHA 2017 di Kalimantan Selatan. Saya yakin peserta sosialisasi akan berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri sebagai calon hakim agung," pungkas Muhammad Saleh.

Selain melakukan sosialisasi dan penjaringan di PTA Banjarmasin, Maradaman juga melakukan kunjungan media lokal, yaitu  Banjarmasin Post.(KY/Gaudi/Festy)




0 Komentar :