KY Harap PT Bangka Belitung Pertahankan Kepercayaan Masyarakat
Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata dan Anggota KY Amzulian Rifai mengunjungi Pengadilan Tinggi Bangka Belitung (PT Babel) pada Jumat (10/09).

Pangkal Pinang (Komisi Yudisial) – Mengakhiri kunjungan ke Bangka Belitung, Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata dan Anggota KY Amzulian Rifai mengunjungi Pengadilan Tinggi Bangka Belitung (PT Babel) pada Jumat (10/09). Rombongan KY diterima secara langsung oleh Ketua PT Babel Asnahwati dan Ketua PT Agama Babel Agus Budiadji. Setelah berbincang bersama sejenak, diadakan silaturahmi dengan Hakim Tinggi PT Babel.

 

Mukti menjelaskan kehadiran KY untuk bersilaturahmi. KY ingin mendengar secara langsung masalah  dan kondisi di PT dan PTA Babel, serta pengadilan di bawahnya. Hasil pertemuan ini nanti jadi catatan, karena KY ada bagian peningkatan kesejahteraan dan kapasitas hakim. Sehingga KY tidak menindak etik saja, tapi tahu apa akar persoalannya. Mukti menyinggung fakta bahwa di tahun 2021 baru ada dua laporan masyarakat yang masuk ke KY dari Babel.

 

“Ini suatu yang luar biasa. Karena artinya proses peradilan tidak menimbulkan rasa ketidakadilan bagi pencari keadilan. Hakim bekerja sesuai pedoman hukum acara dan KEPPH. Suatu kinerja yang bagus, dan untuk dapat dipertahankan,” ujar Mukti.

 

Mukti mengharapkan makin ke depan integritas hakim di Babel dipertahankan.  Pengadilan di Babel telah memberikan layanan baik.

 

“Saya apresiasi minimnya kasus dan pengaduan, dengan layanan cepat. Ini menarik karena saat saya ke sini, tidak ada laporan atau keluhan tentang peradilan, tidak seperti di tempat lain. Mohon dipertahankan. Semoga bisa berlanjut  agar kepercayaan publik semakin meningkat,” harap Mukti.

 

Sedangkan Amzulian mengingatkan harapan negara dan masyarakat kepada dunia peradilan begitu besar. Patut disyukuri ada peningkatan kepercayaan cukup besar dalam dunia peradilan, karena ada sistem yang mempersempit ruang gerak bagi yang ingin keluar jalur. Tentunya KY salah satu lembaga yang ingin bersinergi terus dengan MA. Diimplementasikan dalam tugas, dan jika ada perbedaan pandangan dibicarakan bersama.

 

“Pendekatan sinergitas KY dengan MA itu kita dorong. Sebab KY juga berkepentingan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap peradilan. Saya yakin semua pimpinan KY dan MA semua, ingin meningkatkan kinerja dan trust publik secara umum,” pungkas Amzulian.

 

Setelah pertemuan dengan para hakim tinggi, rombongan mengunjungi rumah dinas yang ditempati oleh Hakim Tinggi PT dan dan PTA Babel. Hasil dari kunjungan ini nantinya akan menjadi laporan dan masukan yang akan disampaikan ke MA. (KY/Noer/Festy)


Berita Terkait