Penghubung KY Sulsel Ajak Masyarakat Aktif Awasi Peradilan
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) selenggarakan “Penyuluhan Hukum Peran Masyarakat dalam mewujudkan Peradilan Bersih” bagi masyarakat Desa Tamatto di Balai Karyawan PT. Lonsum, Bulukumba, Sulsel, Sabtu (29/09).

Bulukumba (Komisi Yudisial) - Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel)  bekerjasama dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Tamatto (FKMT) selenggarakan “Penyuluhan Hukum Peran Masyarakat dalam mewujudkan Peradilan Bersih” bagi masyarakat Desa Tamatto di Balai Karyawan PT. Lonsum, Bulukumba, Sulsel, Sabtu (29/09).
 
Asisten Koordinator Penghubung KY Wilayah Sulsel Ni Putu Dewi Damayanti yang menjadi narasumber mengatakan, kegiatan ini diharapkan agar masyarakat berperan aktif untuk menyampaikan informasi dan melaporkan keganjilan-keganjilan terkait peran hakim dalam peradilan kepada KY.
 
“Masyarakat yang tutup mata terhadap keganjilan-keganjilan peradilan justru akan membuka lahan subur bagi mafia-mafia hukum untuk bermain,” ujar Dewi.
 
Menurut Dewi, FKMT, kelompok-kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga lainnya merupakan jejaring KY yang akan memperkuat pengawasan hakim yang ada di daerah khususnya di Kabupaten Bulukumba.
 
“Masyarakat yang ketika masuk dalam ranah Pengadilan tidak lagi pasif. Masyarakat bisa menjadi kaki dan tangan bagi KY untuk melaporkan apabila menemukan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh hakim,” jelas Dewi.
 
Dewi menambahkan, sosialisasi terkait peran KY ini selajutnya akan semakin intens dilaksankan sebagai upaya memasifkan gerakan pengawalan terhadap proses peradilan yang bersih dan objektif. Bebas dari segala macam pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh hakim dan mafia-mafia hukum. 
 
“Bersinergi dengan masyarakat, NGO, Lembaga Kemahasiswaan dan elemen-elemen lain sebagai jejaring,” tambah Dewi.
 
Ketua Umum FKMT Israwati dalam sambutannya berharap besar bahwa wawasan dan kepahaman masyarakat terkait hukum dapat semakin objektif. Tugas berat selanjutnya adalah bagaimana menciptakan peradilan yang bersih.
 
Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan ini Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba Lukman, Camat Ujung Loe Andi Yuniar dan Ketua Lawyer Muda Chapter Makassar Tabirul Haq yang juga bertindak sebagai moderator. (KY/Dewi/Jaya)