KY Gelar Diskusi Akuntabilitas Pengadilan dalam Perkara Pemilu
Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial (KY) Sukma Violetta bersama pembicara diskusi publik Mendorong Akuntabilitas Pengadilan dalam Menangani Perkara Pemilu:Mengawal Profesionalisme Hakim dalam Proses Peradilan Pemilu, Selasa (2/4)

Jakarta (Komisi Yudisial) – Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial (KY) Sukma Violetta membuka secara resmi diskusi publik Mendorong Akuntabilitas Pengadilan dalam Menangani Perkara Pemilu: Mengawal Profesionalisme Hakim dalam Proses Peradilan Pemilu, Selasa (2/4) di Ruang KK II, Gedung Bundar, Kompleks MPR-DPR/DPD, Jakarta.
 
Diskusi yang merupakan kerja sama antara KY dengan Kaukus Perempuan Parlemen RI (KPP-RI), Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) dan Maju Perempuan Indonesia (MPI) untuk memastikan pengadilan perkara pemilu berjalan fair, objektif, dan transparan.
 
“KY berkepentingan untuk menjamin bahwa hukum yang menangani perkara pemilu dalam persidangan pemilu berjalan secara profesional. Kerja KY akan selalu melibatkan elemen bangsa dan ditujukan untuk kepentingan publik dengan metode yang juga diperuntukkan untuk kepentingan publik dan bersinergi untuk kepentingan publik. Forum ini tidak ditujukan untuk mencari kesalahan hakim, tetapi untuk menjaga dan mengawasi proses pemilu agar adil,” papar Sukma.
 
Dalam kesempatan sama Ketua Divisi Media dan Pengembangan Jaringan Kaukus Perempuan Parlemen RI Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menyampaikan dukungannya terhadap langkah KY. “Semoga dengan adanya diskusi publik ini kami bisa mendapatkan informasi yang akurat guna terwujudnya proses peradilan pemilu yang profesional. 
 
Pemilu menjadi hot issue, maka semua yang berhubungan dengan pemilu saat ini sangat sensitive sehingga kami sebagai tokoh perempuan ingin memastikan informasi ini tersampaikan kepada publik,” pungkas Rahayu.
 
Sekadar informasi, selain Sukma Violetta diskusi tersebut menghadirkan para narasumber yaitu Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo dan Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini. (KY/Priskila/Festy)