KY Ajak Masyarakat Ubud Mengenal Hukum
Plt Sekretaris Jenderal KY Ronny Dolfinus Tulak saat menjadi pembicara pada Program Peningkatan Integritas Hakim (PPIH) dalam bentuk Sarasehan Hukum bertajuk Pembudayaan Hukum Masyarakat di Kantor Kecamatan Ubud, Jumat (3/5)

Gianyar (Komisi Yudisial) - Komisi Yudisial (KY) menggandeng aparat penegak hukum untuk memberikan pemahaman hukum melalui Program Peningkatan Integritas Hakim (PPIH) dalam bentuk Sarasehan Hukum bertajuk Pembudayaan Hukum Masyarakat di Kantor Kecamatan Ubud, Jumat (3/5), Gianyar Bali.
 
Plt Sekretaris Jenderal KY Ronny Dolfinus Tulak mengatakan, salah satu strategi pencegahan yang dilakukan KY, yaitu mendekatkan masyarakat di wilayah tersebut dengan penegak hukumnya sehingga terjalin interaksi dan komunikasi keduanya.
 
"Mungkin Bapak/Ibu tidak kenal siapa aparat penegak hukum di daerahnya, apa tugasnya dan seperti apa sistem kerjanya. Untuk itulah, di sini kami hadirkan langsung mereka sebagai narasumber dalam sarasehan hukum sehingga Bapak/Ibu bertanya langsung kepada mereka seputar permasalahan hukum yang dihadapi," ujar Ronny.
 
Selaku tuan rumah, Camat Ubud Ida Bagus Putu Suamba mengatakan, sebuah kehormatan karena KY langsung turun untuk melihat dan berkenalan dengan masyarakat, aparatur sipil, dan aparat penegak hukum  di wilayah Ubud. Materi dalam sarasehan hukum ini diharapkan dapat menjadi pintu awal untuk mengenal lebih dekat hukum.
 
"Kami sangat berterima kasih pada KY dan jajaran aparat penegak hukum yang telah banyak memberikan materi pada sarasehan hukum ini. Dengan pemahaman hukum yang kami dapat tentu akan berguna sebagai rambu-rambu saat kami menjalankan tugas kedinasan. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya pelanggaran hukum ke depannya," pungkas Ida Bagus.
 
Sebagai pelengkap narasumber lain dalam sarasehan hukum yang hadir adalah Kepala Pusat Analisis dan Layanan Informasi KY Roejito,  Kanit 3 Reskrim I Polres Gianyar Ketut Suparma Yasa, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Gianyar I Putu Gede Darmawan Seputra, dan Hakim Pengadilan Negeri Gianyar Wawan Edi Prastiyo. (KY/Adnan/Festy)