KY
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sulawesi Selatan berkunjung ke Fakultas Hukum Universitas Andi Djema (FH Unanda), Palopo untuk menggelar Road Show to Campus “Generasi Muda untuk Peradilan Bersih”.

Palopo (Komisi Yudisial) - Dengan jarak kurang lebih 350 km dari kota Makassar, Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sulawesi Selatan berkunjung ke Fakultas Hukum Universitas Andi Djema (FH Unanda), Palopo untuk menggelar Road Show to Campus “Generasi Muda untuk Peradilan Bersih”.
 
Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Data dan Layanan Informasi KY Hamka Kapopang menjelaskan, acara ini diharapkan mampu memotovasi mahasiswa FH Unanda berpartisipasi dalam mewujudkan peradilan bersih. Oleh karena itu, KY memperkenalkan wewenang dan tugasnya kepada para mahasiswa agar dapat membantu KY dalam menjalankan tugasnya.
 
“Mahasiswa Fakultas Hukum Unanda juga dapat melakukan magang baik di kantor KY Pusat maupun kantor PKY SulSel," ajak Hamka.
 
Koordinator Penghubung KY Azwar Mahis ikut menjelaskan salah satu wewenang menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat dan perilaku hakim. Dalam menjalankan wewenang dan tugasnya, KY dibantu Penghubung KY. Salah satu tugas Penghubung KY, yaitu menerima laporan dari masyarakat berkaitan dengan dugaan pelanggaran kode etik hakim dan pedoman perilaku hakim dan melakukan pemantauan  dan pengawasan terhadap perilaku hakim.
 
"Penghubung KY juga melakukan verifikasi laporan dan advokasi hakim," lanjut Azwar.
 
Laporan yang dapat dilaporkan ke KY terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan hakim, bukan teknis yudisial. Selain itu, sebagai langkah pencegahan KY juga melakukan pemantauan persidangan yang dilakukan berdasarkan permohonan masyarakagmta maupun inisiatif KY. (KY/Dewi/Festy)

Berita Terkait