Penghubung KY Kalimantan Timur Kunjungi PTA Samarinda Pererat Sinergi Kelembagaan
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Kalimantan Timur beraudiensi dengan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda, Rabu (30/8) di Kantor PTA Samarinda.

Samarinda (Komisi Yudisial) - Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Kalimantan Timur beraudiensi dengan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda, Rabu (30/8) di Kantor PTA Samarinda. Tujuan kunjungan ini untuk mempererat sinergisitas dan kolaborsi antarlembaga.

 

Plt. Koordinator Penghubung KY wilayah Kalimantan Timur Abdul Ghafur menjelaskan, sebagai lembaga negara yang memiliki peran penting dalam menjaga marwah peradilan di Kalimantan Timur, KY berharap akan terjalin kerja sama yang baik dengan badan peradilan di Kalimantan Timur.

 

“Kami berharap KY dapat melaksanakan wewenang dan tugas dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim dengan bersinergi PTA Samarinda. Selain itu, kami berharap ada kemudahan akses informasi di wilayah peradilan agama wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara," harap Ghofur.

 

Merespons itu, Wakil PTA Samarinda Hj. Muhayah mengapresiasi kehadiran KY di PTA Samarinda. Menurutnya, Indonesia bersyukur memiliki KY yang berperan melakukan pengawasan terhadap para hakim berdasarkan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

 

“Kami sebagai hakim bersyukur Indonesia mempunyai KY yang menjadi pengawas di luar MA. Tentunya kami para hakim juga membutuhkan advokasi dari KY, kami selalu terbuka dan siap menerima saran dan masukan yang membangun," ujar Muhayah. (KY/Ghofur/Festy)


Berita Terkait