KY Gelar Seleksi Kesehatan dan Kepribadian CHA Tahun 2018
Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Maradaman Harahap membuka acara asesmen kompetensi dan kepribadian seleksi calon hakim agung (CHA) tahun 2018

Megamendung (Komisi Yudisial) – Komisi Yudisial (KY) menggelar seleksi tahap III, yaitu seleksi kesehatan dan kepribadian calon hakim agung (CHA) Tahun 2018. Seleksi kesehatan dilaksanakan pada Senin-Selasa, 2-3 April 2018 di RSPAD Gatot Subroto. Untuk asesmen kompetensi dan kepribadian akan dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 4-5 April 2018 di Balitbangdiklatkumdil Mahkamah Agung (MA), Mega Mendung, Bogor.
 
Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Maradaman Harahap menyampaikan selamat kepada 23 orang CHA yang menjalani seleksi Tahap III ini. Menurutnya, setelah para peserta menjalani seleksi kesehatan, CHA akan menjalani seleksi kepribadian meliputi: asesmen kompetensi dan kepribadian, rekam jejak, dan masukan dari masyarakat.
 
“Semalam kami sudah menerima hasil pemeriksaan tes kesehatan CHA. Hasil tes akan menjadi pertimbangan KY untuk menuntukan lolos tidaknya CHA ke tahap selanjutnya,” ungkap Maradaman, Rabu (4/4) saat membuka acara.
 
Terkait rekam jejak, KY akan melaksanakan klarifikasi terhadap 23 orang calon untuk mendapatkan kebenaran data dan informasi mengenai rekam jejak calon pada 16-30 April 2018 mendatang. Klarifikasi meliputi informasi yang berasal dari penerimaan informasi atau pendapat masyarakat dan analisis LHKPN bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tahapan ini akan menelusuri integritas, kapasitas, perilaku, dan karakter calon.
 
“Bagi CHA yang alamat tempat tinggalnya masih tanda tanya, agar segera menginformasikan ke panitia rekrutmen CHA. Sehingga kami tidak salah datang ke tempat CHA. Karena ada beberapa CHA yang mencantumkan kediamannya di rumah dinas kantor, sehingga CHA tersebut tinggal sendiri. Yang kami inginkan adalah kediaman tempat tinggal tetap,” tegas mantan Hakim Tinggi di Pengadilan Agama ini. (KY/Noer/Festy)