PKY Kaltim Perkuat Sinergitas dengan FH Uniba dan Pengadilan Militer I-07 Balikpapan
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Kalimantan Timur , Fakultas Hukum Universitas Balikpapan study visit dan Kuliah Umum di Pengadilan Militer I-07 Balikpapan, Selasa (17/3) Balikpapan, Kalimantan Timur.

Samarinda (Komisi Yudisial) – Perkuat sinergitas lembaga, Penghubung Komisi Yudisial Wilayah Kalimantan Timur (PKY Kaltim) bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Balikpapan (FH Uniba) dan Pengadilan Militer I-07 Balikpapan menyelenggarakan  kegiatan Kuliah Umum. Tema yang diangkat adalah “Sinergitas Peran KY RI Penghubung Wilayah Kaltim dengan FH Uniba dan Pengadilan Militer I-07 Balikpapan Dalam Mewujudkan Peradilan yang Bersih di Provinsi Kalimantan Timur”. Kegiatan dilaksanakan di Pengadilan Militer I-07 Balikpapan, Selasa (17/3), dengan  menghadirkan tiga narasumber yang terdiri dari Koordinator PKY Kaltim Danny Bunga, Kepala Pengadilan Militer I-07 Balikpapan Kolonel (Sus) Nursiana, dan dosen FH Uniba Bruce Azwar.
 
Koordinator PKY Kaltim Danny Bunga sebagai narasumber menjelaskan sejarah terbentuknyai KY, dan menjabarkan kewenangan untuk menerima laporan masyarakat maupun permohonan pemantauan persidangan yang menjadi tugas utama KY di daerah.
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Kalimantan Timur menjadi narasumber pada Kuliah Umum di Pengadilan Militer I-07 Balikpapan, Selasa (17/3) Balikpapan, Kalimantan Timur.
 
"Kerjasama tiga lembaga ini merupakan langkah strategis dalam mewujudkan optimalisasi peradilan yang bersih dan berintegritas di Kaltim. Ke depan kami akan terus menjajaki lembaga-lembaga terkait untuk bekerjasama dan berkolaborasi bersama KY," ujar Danny dalam pemaparannya.
 
Kepala Pengadilan Militer I-07 Balikpapan Kolonel (Sus) Nursiana  menyampaikan dukungan terhadap KY dan PKY Kaltim. Nursiana menyampaikan bahwa perlunya sinergitas lembaga untuk mewujudkan cita-cita luhur peradilan yang bersih dan berintegritas di wilayah Kaltim .
 
“Gayung bersambut istilah peribahasanya, bahwa ketika KY datang kunjungan kerja di Pengadilan Militer I-07 Balikpapan merupakan langkah yang tepat untuk membangun komunikasi dan koordinasi lebih lanjut. Melalui kerja sama pada kegiatan ini, kami juga sangat berterima kasih mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu kepada mahasiswa FH Uniba,” jelas Nursiana.
 
Dalam hal ini Dekan FH Uniba Bruce Azwar  juga memberikan dukungan dan dorongan untuk kerja sama secara berkelanjutan dan serius untuk membuat MoU secara kelembagaan.
 
“Kolaborasi antara KY Kaltim dengan FH Uniba dan Pengadilan Militer I-07 Balikpapan menjadi salah satu pintu masuk upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Mahasiswa kami pada kesempatan ini tidak hanya mendapatkan kuliah di luar kelas, namun juga dapat study visit ke Pengadilan Militer I-07 Balikpapan,” papar Bruce. 
 
Kegiatan study visit dan kuliah umum dihadiri oleh puluhan mahasiswa FH Uniba dan jajaran struktural dan stad di Pengadilan Militer I-07 Balikpapan. (KY/Dimas/Noer)
 

Berita Terkait