Penghubung KY Sulsel Ajak Mahasiswa Wujudkan Peradilan Bersih
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) ikut ambil bagian dalam Seminar Regional dengan tema “Edukasi Hukum dalam Mewujudkan Kesadaran Hukum Sosial dan Publik” di Aula Kampus STAI AL Azhar Gowa, Sulsel, Selasa (3/12).

Makassar (Komisi Yudisial) - Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) ikut ambil bagian dalam Seminar Regional dengan tema “Edukasi Hukum dalam Mewujudkan Kesadaran Hukum Sosial dan Publik” di Aula Kampus STAI AL Azhar Gowa, Sulsel, Selasa (3/12).
 
Kegiatan diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ahwal Syakhsiyyah (HAMAS) STAI AL Azhar Gowa yang juga merupakan salah satu jejaring Penghubung KY Sulsel. Hadir sebagai pembicara Asisten Koordinator Penghubung KY Sulsel Ni Putu Dewi Damayanti dan Wakil Komisioner Ombudsman Makassar Muhammad Irwan serta Sekretaris Program Studi Hukum Keluarga Islam Aswar Arifin sebagai moderator.
 
Dalam paparannya, Asisten Koordinator Penghubung KY Sulsel Ni Putu Dewi Damayanti menyampaikan tentang pentingnya kesadaran dan peran serta publik dalam mewujudkan peradilan bersih.
 
“Salut atas usaha adik-adik HAMAS, saya berharap berangkat dari pengetahuan dan pemahaman yang diperoleh akan menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran mahasiswa yang hadir pada seminar ini. Sehingga bisa berpartisipasi aktif dalam mendukung tugas Komisi Yudisial demi terwujudnya peradilan bersih,” harap Dewi.
 
Wakil Komisioner Ombudsman Makassar Muhammad Irwan menyampaikan pentingnya mewujudkan kesadaran hukum publik melalui edukasi dan kampanye anti maladministrasi dan bisnis tidak beretika.
 
“Kegiatan seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa saat ini, saya sangat mengapresiasi Panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini,” tutur Muhammad Irwan.
 
Sementara itu, Sekretaris Program Studi Hukum Keluarga Islam Aswar Arifin STAI AL Azhar Gowa dalam sambutannya berharap
 
“Selain memberikan pemahaman kepada mahasiswa, kegiatan ini merupakan langkah konkrit atas kerjasama yang selama ini terjalin antara Komisi Yudisial dalam hal ini Penghubung KY wilayah Sulawesi Selatan dan Ombudsman kota Makassar,” harap Aswar Arifin.
 
Hal senada juga disampaikan Ketua HAMAS STAI AL Azhar Gowa Iswadi Hasan. Menurutnya kegiatan ini tidak meningkatkan pemahamab dan kesadaran hukum, tetapi juga mempererat hubungan kerjasama antar instansi. 
 
“Dengan terlaksananya kegiatan ini, harapannya tidak hanya mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran hukum, namun juga bisa menjaga dengan baik hubungan baik STAI AL Azhar Gowa dengan kedua instansi ini yaitu Komisi Yudisial RI Penghubung Wilayah Sulawesi Selatan dan Ombudsman Kota Makassar,” harap Iswadi Hasan. (KY/Dewi/Jaya)
 

Berita Terkait