Penghubung KY Wilayah Kalimantan Timur Ajak Publik Bersinergi Wujudkan Peradilan Bersih
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Kalimantan Timur melaksanakan edukasi publik sebagai upaya mewujudkan peradilan bersih, Rabu (15/9) di Universitas Mulia Balikpapan, Kalimantan Timur.

Balikpapan (Komisi Yudisial) - Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Kalimantan Timur melaksanakan  edukasi publik sebagai upaya mewujudkan peradilan bersih, Rabu (15/9) di Universitas Mulia Balikpapan, Kalimantan Timur. Selain dari KY, hadir sebagai narasumber adalah Ketua Pengadilan Negeri Balikpapan Ibrahim Palino.

 

Dalam kesempatan itu, Asisten Koordinator Penghubung KY Wilayah Kalimantan Timur Dimas Ronggo Gumilar Prabandaru mengajak seluruh peserta edukasi publik untuk menjaga dan menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat hakim. KY adalah lembaga yang bersifat mandiri dengan kewenangan mengusulkan pengangkatan Hakim Agung dan kewenangan lain dalam rangka menjaga kehormatan dan keluhuran martabat hakim.

 

"KY melakukan checks and balances di ranah kekuasaan kehakiman demi menciptakan peradilan yang bersih dan berintegritas. Dalam kerangka tugas pokok dan fungsi KY, masyarakat perlu mengetahui bahwa KY tidak bisa mengubah putusan hakim, karena KY terfokus pada KEPPH," jelas Dimas.

 

Melalui edukasi publik ini juga menekankan pentingnya peran civil society selaku perpanjangan tangan KY dalam menciptakan badan peradilan yang bersih dan berintegritas kedepan. (KY/Dimas Ronggo/Festy)


Berita Terkait