Silaturahmi ke Kapolda Bali, Penghubung KY Bali Siap Wujudkan Peradilan Bersih
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Provinsi Bali melakukan silaturahmi dan audiensi dengan Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si. di Mapolda Bali, Denpasar, Senin 16 Januari 2023.

Denpasar (Komisi Yudisial) - Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Provinsi Bali melakukan silaturahmi dan audiensi dengan Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si. di Mapolda Bali, Denpasar, Senin 16 Januari 2023. Koordinator Penghubung KY Bali I Made Aryana Putra Atmaja menjelaskan, silaturahmi tersebut dilakukan oleh Penghubung KY Bali sebagai bagian dari memperkenalkan kehadiran Penghubung KY di Bali yang baru saja dilantik pada 4 November 2022 lalu. 

"Kunjungan ini sendiri mempererat silaturahmi kelembagaan antara kedua belah pihak dan meningkatkan sinergisitas dalam pelaksanaan tugas KY di wilayah Bali," ujar  Aryana.

Tidak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya merasa terhormat dan berterimakasih atas sambutan hangat dari Kapolda Bali. Salah satu agenda KY saat ini adalah penguatan kelembagaan KY, yaitu penguatan peran Penghubung di daerah dalam pelaksanaan tugas konstitusional KY. Penghubung KY Bali juga mengajak jajaran Polda Bali untuk bersama-sama untuk menciptakan peradilan bersih di Pulau Dewata. 

“KY berharap Polda Bali dapat memberikan dukungan penuh terhadap  Penghubung di Bali dalam pelaksanaan tugasnya,” harap Aryana.

Di sisi lain, Asisten PKY Bali Putu Sartika Sukmadewi menambahkan bahwa kehadiran Penghubung KY di Bali sendiri merupakan perpanjangan tangan dari KY di daerah dalam rangka pengawasan terhadap lembaga peradilan. 

“Penghubung KY tidak hanya bertugas menerima laporan masyarakat atas dugaan pelanggaran KEPPH, namun juga melakukan pemantauan persidangan, melakukan edukasi publik, dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh KY,” jelas Dewi.

Ia berharap, adanya sinergisitas antara Polda Bali dan Penghubung KY Bali dalam menjaga marwah dan martabat peradilan terkhusus para hakim.

"Kami perlu sinergisitas dalam upaya kerja-kerja advokasi dalam menjaga marwah kehormatan dan martabat hakim saat mereka menjalankan tugasnya," tambahnya.

Di sisi lain, Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si. menyambut baik keberadaan Penghubung KY Bali dalam upaya terciptanya pengawasan penegakan hukum di Provinsi Bali. Bahkan, Kapolda Bali menyebutkan pihaknya siap untuk bersinergi dengan Penghubung KY Bali dalam menciptakan peradilan bersih di Pulau Dewata. (KY/Ragil/Festy)


Berita Terkait