Penghubung KY Papua Pererat Silaturahmi dengan Ketua MUI Papua
Penghubung KY Wilayah Papua bersilaturahmi dengan Ketua MUI Papua K.H. Syaiful Islam Al Payage pada Selasa (9/5) di Pesantren Al Payage, Jayapura, Papua.

Jayapura (Komisi Yudisial) - Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Papua memperluas sinergi guna meningkatkan pemahaman publik terkait wewenang dan tugas KY, termasuk keberadaan Penghubung KY di Papua.  Penghubung KY Wilayah Papua bersilaturahmi dengan Ketua MUI Papua K.H. Syaiful Islam Al Payage pada Selasa (9/5) di Pesantren Al Payage, Jayapura, Papua. 

Koordinator Penghubung KY Wilayah Papua Methodius Kossay menjelaskan, KY siap bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk lembaga agama di Papua untuk mengoptimalkan tugas penerimaan laporan dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH). 

“Untuk mengoptimalkan peran seluruh masyarakat, maka KY menjalin hubungan dengan berbagai lembaga, seperti pemerintahan, NGO, agama di wilayah Papua. Salah satu upaya untuk mengenalkan wewenang dan tugas KY ke masyarakat melalui edukasi publik," jelas Methodius Kossay.

Merespons kehadiran Penghubung KY Papua, Ketua MUI Papua, K.H. Syaiful menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Penghubung KY Papua. Menurutnya, kolaborasi antar kedua lembaga ini untuk terwujudnya peradilan yang bersih. 

“Sebagai Ketua MUI Papua, saya mengapresiasi kehadiran KY melalui Penghubung KY Wilayah Papua untuk bisa berkunjung ke sini. Masyarakat masih belum banyak mengetahui wewenang dan tugas KY, serta kehadiran Penghubung KY di Papua. Untuk itu, hadirnya Penghubung KY wilayah Papua ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengawasan hakim. Ke depannya, masyarakat dapat melaporkan hal-hal terkait pengawasan hakim di Wilayah Papua ke KY," tutup K.H. Syaiful. (KY/Syarif/Festy)


Berita Terkait