Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KY Ajak Jaga Kelestarian Lereng Gunung Slamet
Penghubung Komisi Yudisial (PKY) wilayah Jawa Tengah ikut menggelar aksi penanaman pohon massal, Sabtu (17/6) di kaki Gunung Slamet Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah.

Brebes (Komisi Yudisial) - Setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Penghubung Komisi Yudisial (PKY) wilayah Jawa Tengah ikut menggelar aksi penanaman pohon massal, Sabtu (17/6) di kaki Gunung Slamet Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah.

Kepala Pusat Analisis dan Layanan Informasi Juma'in mengatakan, kegiatan ini digelar untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Selain itu, lanjut Juma'in, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi tentang kelembagaan KY dan meningkatkan kesadaran berbudaya hukum. 

"Tahun ini, KY memilih lokasi Gunung Slamet sebagai simbol pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan dan ekosistem alam di Indonesia. Tema kegiatan ini adalah 'Ngerumat Bareng, Slamet Bareng' yang dalam bahasa Indonesia berarti 'Merawat Bersama, Selamat Bersama'," ujar Juma'in. 

Ditambahkan Juma’in, KY juga berharap agar masyarakat di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes dapat mendukung kinerja KY dalam menjaga dan menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat hakim. KY mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama untuk menciptakan peradilan bersih di wilayah Brebes. 

“Dengan adanya kesadaran bersama, kita dapat mencapai tujuan pembangunan hukum berkelanjutan," tambah Juma’in. 

Penanaman dan perawatan pohon di Gunung Slamet ini merupakan langkah konkret KY untuk mengajak masyarakat agar dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam. Gunung Slamet dipilih sebagai lokasi penanaman pohon karena keberadaannya yang strategis dan memiliki nilai ekologis tinggi. Diharapkan, penanaman pohon ini dapat menjadi awal dari upaya restorasi lingkungan yang lebih luas di sekitar Gunung Slamet.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat kesadaran dan tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungan,” harap Juma’in. (KY/Eka Putra/Festy)


Berita Terkait