Penghubung KY Jawa Timur Sasar Gen-Z Bantu Suarakan Peradilan Bersih
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Jawa Timur melakukan edukasi publik dengan menyasar gen-z di SMA Wachid Hasyim 2 di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, Rabu (26/07).

Sidoarjo (Komisi Yudisial) - Penghubung Komisi Yudisial (KY) Jawa Timur melakukan edukasi publik dengan menyasar gen-z di SMA Wachid Hasyim 2 di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, Rabu (26/07). Program yang dinamakan Penghubung KY Jatim Goes to School ini bertujuan memperluas pemahaman publik tugas dan kewenangan KY. Selain itu , edukasi publik ini bertujuan agar generasi muda memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan jika ditemukan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan hakim.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa lebih utuh memahami tugas dan kewenangan lembaga negara, khususnya Komisi Yudisial. Dengan pemahaman yang baik tentang tugas dan kewenangan Komisi Yudisial diharapkan muncul kesadaran serta dapat menambah semangat untuk belajar dan mengejar cita-citanya. Selain itu, jika kelak bekerja di lembaga pemerintah, baik menjadi hakim atau profesi lainnya, maka  menyadari pentingnya menjaga etika dan perilaku dalam menjalankan profesi,“ tutur Asisten Penghubung KY Jawa Timur yakni Ali Sakduddin.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Wachid Hasyim 2 Taman Muhammad Hajir berharap acara ini bermanfaat untuk pengenalan kelembagaan KY dan dunia peradilan di Indonesia.  Ia juga berharap, acara ini dapat memacu semangat para siswa yang bercita-cita menjadi aparat penegak hukum seperti hakim ataupun jaksa. Progrom ini dilaksanakan bekerjasama dengan mahasiswa magang yakni mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember dan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hang Tuah Surabaya. (KY/Ali/Festy)


Berita Terkait