KY Luncurkan Buku Bunga Rampai Memperkuat Peradaban Hukum dan Ketatanegaraan Indonesia
Komisi Yudisial (KY) pada Rabu (11/09) melakukan peluncuran Buku Bunga Rampai. Buku Bunga Rampai 2019 memiliki tema "Memperkuat Peradaban Hukum dan Ketatanegaraan Indonesia”, merupakan bagian dari rangkaian Ulang Tahun Komisi Yudisial (KY) ke-14.

Jakarta (Komisi Yudisial) – Dalam rangka memperkaya literasi masyarakat, Komisi Yudisial (KY) pada Rabu (11/09) melakukan peluncuran Buku Bunga Rampai. Buku Bunga Rampai 2019 memiliki tema "Memperkuat Peradaban Hukum dan Ketatanegaraan Indonesia”, merupakan bagian dari rangkaian Ulang Tahun Komisi Yudisial (KY) ke-14. Buku yang terbit satu kali dalam satu tahun ini berisi gagasan dan pemikiran pakar tentang peradaban hukum dan ketatanegaraan Indonesia.
 
Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi KY Farid Wajdi, memberi apresiasi dan penghargaan atas terbitnya buku ini. Ia berharap semoga karya ini dapat memperkaya khasanah dan dapat melengkapi buku yang sudah ada.
 
"Penerbitan buku ini merupakan momentum untuk lebih mendekatkan KY dengan para pemangku kepentingan. Kehadiran buku bunga rampai ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan pembaca yang tertarik dengan isu-isu hukum dan ketatanegaraan," ujar Farid.
 
Di bagian pendahuluan mengupas nilai-nilai dasar keindonesiaan dan negara hukum. Sebagai negara hukum, maka bukan sekadar tunduk pada kaidah hukum, melainkan termasuk pula nilai-nilai etik (moral) yang terkandung dalam hukum atau sebagai peradaban yang hidup dalam masyarakat. Hal lain yang dibahas dijabarkan dalam tiga bab, yaitu konstruksi negara hukum, sistem hukum dan hak asasi manusia, serta pembaruan hukum.
 
“Hukum berkembang seiring dengan peradaban suatu bangsa yang dipengaruhi kondisi sosial dan filosofis. Hukum memerlukan pembaruan yang bersumber pada nilai-nilai moral dan kultural bangsa Indonesia. Nantinya pembaruan itu akan memperkaya peradaban hukum dan ketatanegaraan Indonesia,” jelas Farid.
 
Selain ditulis oleh Anggota KY, para pakar hukum yang terlibat di buku ini, di antaranya Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, Guru Besar Universitas Gadjah Mada Eddy O.S. Hiariej, Akademisi Valina Singka Subekti, dan lainnya. Buku Buku Rampai ini dapat diunduh melalui Bit.ly/BungaRampaiKY2019.
 
Peluncuran produk KY tersebut dilaksanakan di Auditorium KY, dengan menghadirkan stakeholders KY seperti perwakilan dari Mahkamah Agung, Kementerian Hukum dan HAM, Mahkamah Konstitusi, media massa, dan lain-lain. (KY/Noer/Festy)

Berita Terkait