KY Kembali Terima WTP dan Dapatkan Penghargaan BMN Award
Pemberian penghargaan WTP diberikan kepada Ketua KY Jaja Ahmad Jayus dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019, oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung Dhanapala, Kompleks Kementerian Keuangan pada Kamis (12/09).

Jakarta (Komisi Yudisial) – Komisi Yudisial (KY) menjadi satu diantara 36 Kementerian/Lembaga Negara penerima penghargaan dengan Laporan Keuangan WTP selama 5 kali berturut-turut atas laporan keuangan tahun 2014-2018. Pemberian penghargaan WTP diberikan kepada Ketua KY Jaja Ahmad Jayus dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019, oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung Dhanapala, Kompleks Kementerian Keuangan pada Kamis (12/09).

Selanjutnya dalam hal pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), pemerintah juga menyampaikan penghargaan BMN Award kepada 11 Kementerian/Lembaga Negara dalam 3 kategori (terbagi dalam 3 kelompok Kementerian/Lembaga Negara), yaitu Utilisasi BMN, Kualitas Pelaporan BMN, dan Sertifikasi BMN, serta 2 kategori tambahan yaitu Continuous Improvement dan Peer Collaboration. KY mendapatkan juara 3 pada Kategori Utilisasi BMN dalam Kelompok 1, yaitu Kementerian/Lembaga Negara yang memiliki 1 sampai dengan 10 satuan kerja.

Dalam sambutan Sri Mulyani menyampaikan keuangan negara memiliki peranan dan kontribusi penting di dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, menciptakan keadilan sosial, dan pemerataan yang semakin kuat.

"Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) perlu mengoptimalkan pengelolaan keuangan negara termasuk menggunakan informasi keuangan tersebut. Karena opini WTP bukanlah tujuan akhir, tetapi bagaimana pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang baik tersebut digunakan sebagai informasi sebagai masukan atau feedback bagi perencanaan penganggaran selanjutnya” ujar Sri.

Selanjutnya dalam hal pengelolaan BMN, Sri mengatakan, “Saya ingin memberikan apresiasi BMN kepada kementerian dan lembaga yang telah menggunakan atau utilisasi, melaporkan, dan mengamankan BMN kita. Saya ingin menyampaikan juga penghargaan kepada kementerian lembaga yang memiliki inovasi di dalam penggunaan teknologi informasi di dalam pengelolaan BMN".

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019 mengangkat tema “Optimalisasi Informasi Keuangan di Era Digital untuk Indonesia Maju”. Kegiatan ini dilakukan dari 11-12 September 2019 di Komplek Kementerian Keuangan, Jakarta. Rakernas bertujuan meningkatkan pemahaman dan partisipasi para pemangku kepentingan dalam penyediaan informasi keuangan negara yang andal dan relevan.  (KY/Noer/Festy)


Berita Terkait