KY Terima Audiensi Siswa SMP Cahaya Bakti
Puluhan siswa dari SMP Cahaya Bakti mendatangi Komisi Yudisial (KY) untuk mengenal lebih dekat wewenang dan tugas KY, Kamis (16/01) di Auditorium KY, Jakarta.

Jakarta (Komisi Yudisial) – Puluhan siswa dari SMP Cahaya Bakti mendatangi Komisi Yudisial (KY) untuk mengenal lebih dekat wewenang dan tugas KY, Kamis (16/01) di Auditorium KY, Jakarta. Kedatangan siswa kelas VII dan VIII tersebut diterima oleh Ketua Bidang Analisis dari Pusat Analisis dan Layanan Informasi KY Jonsi Afriantara.  
 
“Selama ini kami hanya mengenal KY melalui pelajaran PPKn di sekolah. Dengan melakukan kunjungan secara langsung diharapkan siswa dapat pengalaman secara lansung terkait KY,” ujar guru pendamping Damianus.
 
Dalam kesempatan tersebut Jonsi mengajak siswa yang hadir untuk menonton dua film keluaran KY, yakni berjudul “Wakil Tuhan” dan “Pengabdian”. Siswa diajak mengenal filosofi KY sebagai penjaga marwah dan martabat hakim melalui kedua film tersebut.
 
“Dari kedua film tersebut dapat diambil pesan moral bahwa sebagai aparat penegak hukum, maka dituntut untuk memperjuangkan keadilan. Kita sebagai masyarakat, diawali dari sendiri harus mampu mempertanggungjawabkan kesalahan kita dan tidak melakukan perbuatan curang,” kata Jonsi.
 
Selanjutnya dilakukan sedikit pemaparan tentang KY, lalu diadakan sesi tanya jawab dan games agar kegiatan lebih interaktif dan menyenangkan bagi para siswa. Audiensi berlangsung dengan semarak, ada interaksi antara peserta dan narasumber dalam suasana hangat dan ringan. Dalam sesi penutup, Jonsi memberikan pesan kepada para siswa peserta audiensi.
 
“Pertama, sebagai penerus harapan bangsa, kalian harus memiliki akhlak yang baik dengan mental yang kuat. Kemudian memiliki karakter yang kuat dan berjiwa ksatria. Terakhir kalian harus menjadi pribadi yang bijak, mulai dari sekarang untuk dipupuk ke depan,” pesan Jonsi. (KY/Noer/Festy)

Berita Terkait