Menteri PANRB Dorong KY Lakukan Penyederhanaan Birokrasi
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo saat mrnjadi Pembicara pada Rapat Kerja Komisi Yudisial Tahun 20120

Jakarta (Komisi Yudisial) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mendorong Komisi Yudisial (KY) untuk menyusun rencana kerja tahunan yang detail, baik itu perencanaan anggaran hingga evaluasi, yang diharapkan untuk menunjang pelaksanaan reformasi birokrasi di KY.
 
Dalam pola reformasi birokrasi yang tengah dilakukan oleh pemerintah berfokus pada penyederhaaan birokrasi, termasuk perubahan dari eselonisasi ke fungsional.
 
"Di Kemenpan dan RB sendiri juga telah menerapkan hal itu. Saat ini, fungsional Ahli Madya berjumlah 52 orang, Ahli Muda 89 orang, hanya bagian - bagian tertentu yang tidak bisa difungsionalkan, kami targetkan di tahun ini bisa diselesaikan," ucap Tjahyo saat menjadi narasumber dalam Rapat Kerja KY 2020, Kamis (13/2), di Hotel Aston Marina Ancol, Jakarta Utara.
 
Tjahyo juga mengimbau agar KY mempersiapkan ASN yang berada di lingkungan kerjanya, sehingga dapat mewujudkan birokrasi yang ramping Dan bergerak cepat.
 
“Yang diinginkan oleh Pak Presiden Joko Widodo adalah birokrasi yang ramping dan bergerak cepat, profesional dalam melayani masyarakat, serta tidak terganggu dengan iklim politik yang terus berubah - ubah.
Untuk itu, KY juga perlu untuk menyesuaikan program kerjanya dengan semangat dalam reformasi birokrasi. Saya juga berharap agar KY mulai mengevaluasi serta melakukan pemetaan dalam struktur organisasinya untuk memetakan jabatan-jabatan yang bisa dialihkan ke dalam jabatan fungsional,” imbuhnya.(KY/Adnan/Festy)
 

Berita Terkait