DPR  Setujui 4 Nama Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc Tipikor Hasil Rekrutmen KY
Komisi III DPR menyetujui empat calon Calon Hakim Agung (CHA) dan Calon Hakim Ad Hoc Tipikor pada Mahkamah Agung (MA) tahun 2021/2022, pada Rapat Pleno Komisi III DPR yang digelar secara terbuka pada Rabu (29/6/2022) malam.

Jakarta (Komisi Yudisial) – Komisi III DPR menyetujui empat calon Calon Hakim Agung (CHA) dan Calon Hakim Ad Hoc Tipikor pada Mahkamah Agung (MA) tahun 2021/2022, pada Rapat Pleno Komisi III DPR yang digelar secara terbuka pada Rabu (29/6/2022) malam. Keputusan ini diambil setelah melakukan rangkaian Uji Kepatutan dan Kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung dan calon hakim ad hoc Tipikor yang diserahkan oleh Komisi Yudisial (KY).

"Berdasarkan pandangan fraksi yang dibacakan oleh masing-masing kapoksi, atau yang mewakili, atau juru bicaranya, maka Komisi III memberikan persetujuan atas nama CHA dan nama Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Tahun 2021-2022," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir dalam Rapat Pleno.

"Yaitu, A. CHA : 1. Nani Indrawati, Kamar Perdata; 2. Cerah Bangun, Kamar Tata Usaha Negara Khusus Pajak. B. Calon Hakim Ad Hoc pada MA: 1. Agustinus Purnomo; 2. Arizon Mega Jaya. Selanjutnya, hasil persetujuan ini akan dilaporkan dalam rapat paripurna DPR RI, hari Kamis tanggal 30 Juni 2022, untuk diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," sambung Adies.

Sebelumnya Komisi III DPR RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) CHA dan Calon Hakim Ad Hoc Tipikor pada MA tahun 2021/2022, pada 27 hingga 29 Juni. Delapan CHA dan tiga Calon Hakim Ad Hoc Tipikor mengikuti uji kelayakan tersebut. Para calon diminta membuat makalah pada Senin (27/06), yang nantinya akan dipaparkan secara singkat dalam uji kelayakan yang dilakukan melalui metode wawancara pada 28 dan 29 Juni. Kemudian dilanjutkan tanya jawab oleh perwakilan fraksi di DPR yang hadir secara tatap muka maupun virtual.

Adapun jadwal wawancara pada Selasa (28/06) adalah sebagai berikut:

1. CHA Kamar Agama Abd. Hakim

2. CHA Kamar TUN Khusus Pajak Triyono Martanto

3. CHA Kamar Pidana Subiharta

4. CHA Kamar Pidana Suradi

5. CHA Kamar Pidana Willem Saija

Sementara wawancara pada Rabu (29/06) adalah sebagai berikut:

1. CHA Kamar TUN Khusus Pajak Cerah Bangun

2. Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Rodjai S. Irawan

3. CHA Kamar Pidana Sudharmawatiningsih

4. Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Agustinus Purnomo Hadi

5. Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Arizon Mega Jaya

6. CHA Kamar Perdata Nani Indrawati. (KY/Noer/Festy)


Berita Terkait