Info Update:


KY Gelar Workshop Anotator Karakterisasi Putusan Berbasis Aplikasi
Komisi Yudisial (KY) menggelar workshop Anotator Karakterisasi Putusan Berbasis Aplikasi, Jumat (9/4) secara virtual.

Jakarta (Komisi Yudisial) - Komisi Yudisial (KY) menggelar workshop Anotator Karakterisasi Putusan Berbasis Aplikasi, Jumat (9/4) secara virtual. Kegiatan ini diikuti para akademisi yang nantinya menjadi anotator di program Karakterisasi Putusan Hakim. 

“Workshop ini diharapkan memberikan penyamaan persepsi dan pengayaan angle analisis pada kanal anotasi antar sesama kontributor anotator pada program ini," jelas Sekretaris Jenderal KY Arie Sudihar saat membuka acara.

Menurut Arie, KY menyediakan program karakterisasi putusan untuk mempermudah seseorang, baik dalam kapasitasnya sebagai hakim maupun anggota masyarakat dalam membaca sebuah putusan. Sehingga nantinya ada alat bantu khusus bagi para hakim untuk dapat memperoleh referensi secara luas terkait yurisprudensi dan doktrin yang relevan dengan kasus yang ada.

“Karakaterisasi putusan diharapkan dapat membantu para pengakses untuk mencari dasar argumentasi yang dibangun oleh para hakim, kaidah yurisprudensi, juga relevansinya dengan teori terbaru yang relevan," imbuh Arie.

Menurut staf Bidang Analisis Nurasti Parlina selaku penyelenggara acara, workshop anotator sengaja dibuat untuk memberikan sudut pandang keilmuannya dalam sebuah anotasi. 

"Aplikasi Karakterisasi Putusan dilengkapi dengan anotasi dari para pakar hukum agar menjadi jembatan antara dunia praktik dan  akademik dalam membahas isu hukum yang memiliki nilai kepentingan publik," jelas Asti.

Sekadar informasi, program karakterisasi putusan dengan berbasis website dapat diakses melalui www.karakterisasi.komisiyudisial.go.id dan berbasis Mobile App yang bisa diunduh untuk pengguna android dan iOs dengan nama “karakterisasi". (KY/Eka Putra/Festy)


Berita Terkait